Tips Mengatasi Blackberry Lemot

BlackBerry saat ini sudah merupakan gadget yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Mulai dari bisnisman sampai kepada anak sekolah. Kemudahannya dalam berkomunikasi denga orang lain membuat BlackBerry disukai. Namun sayangnya, kita kadang-kadang tidak memahami bahwa BlackBerry ini juga mempunyai keterbatasan dalam hal memory.

Jejaring sosial, email, BBM Group dan BBM yang online secara non-stop mampu membuat BlackBerry ini menjadi lemot. Hal ini ditandai dengan seringnya muncul ‘tanda jam’ atau ‘jam pasir’ ketika kita sedang menggunakan aplikasi di BlackBerry. Lantas bagaimana caranya kita bisa mengatasi BlackBerry yang sedang lemot? Berikut tips-nya:

 1. Install Aplikasi atau Theme yang Penting Saja.

Kebanyakan aplikasi atau theme akan cukup menguras kemampuan dari memory. Cek kembali aplikasi-aplikasi apa saja yang kita biasa gunakan dan delete aplikasi atau theme yang menurut kita sudah jarang kita pakai.

2. Batasi Group BBM.
Group BBM adalah penyumbang terbesar ‘sampah’ yang membuat BlackBerry kita menjadi lemot. Carilah group BBM yang benar-benar berguna, teman-teman kita yang lain toh masih kita bisa hubungi melalui email, Twitter atau FB.

3. Tutup setiap percakapan / chat di BBM yang sudah tidak kita perlukan lagi. Jika anda merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM – Options – Cari Save Chat History lalu pilih media card.

4. Hapus semua email yang sudah tidak diperlukan, terutama yang memiliki attachment cukup besar. Saat anda melakukan delete biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau On Handheld (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus). Kalau email yang akan anda hapus itu anda rasa masih cukup penting anda cukup pilih On Handheld saja. Email aslinya masih akan tersimpan di Mailbox (Yahoo, Google, dll)

5. Biasakan lakukan clear log dengan cara: tekan alt+LG+LG -> Menu BB -> Clear Log

6. Jika anda sering Browsing, hapus cache memory di browser.

Caranya: Menu BB -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history

7. Rajin-rajin lakukan pembersihan memori

Caranya: Menu BB -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now.

8. Maksimalkan penggunaan memori eksternal. Penyimpanan foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan kedalam memori eksternal atau media card.

Caranya setting: Menu BB -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.

9. Tips yang paling ampuh saat BlackBerry anda lemot adalah:

Soft Reset: Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del —► selesai (Khusus BlackBerry yang menggunakan keyboard)

Hard Reset: Biasa dikenal pula dengan istilah cabut batere. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama maksimal 1 menit kemudian pasang kembali baterenya.

Semoga Tips ini berguna.

Sumber
banner_dinnad_468x60

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s