Tips Mengatasi Baterai Blackberry Panas dan Boros

Beberapa pengguna smartphone BlackBerry banyak yang mengeluh dikarenakan baterai BlackBerry-nya yang suka panas dan boros. Hal ini menimbulkan kecurigaan para pengguna BlackBerry mengenai keaslian dari baterai yang digunakan. Padahal belum tentu. Banyak hal yang bisa menyebabkan baterai BlackBerry panas dan boros. Berikut tips-nya:

 Penyebab Baterai BlackBerry Sering Panas dan Boros:

1. Jaringan Signal Yang Lemah
Kenapa jaringan signal yang lemah bisa membuat baterai BlackBerry menjadi panas dan boros? Hal ini dikarenakan device BlackBerry selalu berusaha untuk mencari signal agar jaringan BIS bisa berjalan dengan baik. Proses pencarian yang terus menerus inilah yang membuat baterai menjadi panas dan tentu saja akhirnya boros dalam penggunaan.

Lantas bagaimana mengatasinya?

Jika anda menggunakan smartphone BlackBerry 3G, ubah jaringan 3G anda menjadi 2G. Hal ini akan mengurangi panas dan borosnya baterai. Caranya: Dari Home Screen buka Manage Connections lalu klik Mobile Network Options, di Network Mode ubah 3G menjadi 2G. Cara lainnya: Buka menu Option, klik Mobile Network lalu ubah Network Selection Mode ke Manual dan ubah Network Mode ke 2G.

Usahakan gunakan operator BIS yang memiliki jaringan atau signal yang kuat di daerah anda. Jangan paksakan menggunakan operator tertentu jika signalnya di wilayah anda tinggal masih lemah.

2. Aplikasi Yang Berjalan Aktif
Penyebab lainnya baterai BlackBerry panas dan boros yaitu banyaknya aplikasi BlackBerry yang anda biarkan berjalan aktif seperti Facebook, Twitter, Foursquare, YM dan aplikasi BlackBerry lainnya yang sering memberikan notifikasi. Apalagi sekarang aplikasi Twitter Client memiliki banyak versi seperti Twitter for BlackBerry, UberTwitter dan SocialScope. Usahakan gunakan salah satu saja yang aktif.  Jika anda mengikuti mailing list yang ‘high traffic’, ini juga dapat menyebabkan baterai menjadi panas dan boros.Solusinya, gunakan filter untuk email-email anda yang masuk ke device, tips-nya anda bisa lihat disini.

Yang penting adalah bijaklah menggunakan aplikasi-aplikasi di BlackBerry. Jangan paksakan untuk menginstall dan mengaktifkan aplikasi, padahal anda belum tentu membutuhkan aplikasi tersebut. Untuk aplikasi jejaring sosial dan instant messenger, jika anda aktif juga online di PC/laptop, maka lebih baik anda buat offline saja aplikasi tersebut di BlackBerry.

Semoga tips diatas bisa berguna.

Sumber

banner_dinnad_468x60

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s