Tips dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif yang terbaik pasti lah menjadi perhatian utama para orangtua yang memiliki anak hiperaktif dan sekaligus menjadi salah satu tugas yang tersulit. Anak hiperaktif adalah anak yang memiliki perilaku sangat aktif dibandingkan anak  lainnya dan biasanya juga disertai dengan gangguan konsentrasi.

#Bagaimana Cara Mengatasi Anak Hiperaktif
Anak hiperaktif tidak bias disuruh diam atau memperhatikan sesuatu dengan teliti. Konsentrasinya mudah terganggu oleh hal-hal yang dianggapnya lebih menarik. Anak-anak hiperaktif biasanya akan lebih mudah belajar apabila pengajaran dilakukan dengan cara kreatif dan sambil bermain.

Metode pengajaran konvensional malah akan menyulitkan kedua belah pihak, baik anak maupun pengajar. Orang tua sebaiknya berperan dalam membangun kreatifitas anak hiperaktif dengan cara misalnya mengajari anak untuk memahami huruf atau angka dengan cara mewarnai – hal ini dapat memuaskan imajinasi anak dan memperpanjang rentang konsentrasinya. Lagipula anak-anak biasanya amat menyukai pelajaran mewarnai. Selain itu, perlu juga mencari cara untuk pengembangan bakat anak sekaligus mengarahkan perilaku hiperaktifnya misalnya dengan memberinya kelas olah raga seperti renang, tari dan permainan motorik.

# Cara Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Efektif

Anak hiperaktif sangat banyak gerak, juga cenderung kurang teliti, pelupa, tidak sabaran , emosional dan suka bicara atau bersikap kasar seperti ngambek, memukul, berteriak, dan lain sebagainya. Di sini peran orang tua amat dibutuhkan dalam mengarahkan mental anak agar dapat menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-harinya seperti anak seusianya. Tentu saja diperlukan kesabaran ekstra agar orang tua dapat mengatasi hal tersebut.

Sangat disarankan agar orang tua dan pengasuh anak hiperaktif tidak melakukan tindakan kekerasan atau memberi hukuman fisik seperti cubitan atau pukulan karena dikhawatirkan hal tersebut justru membawa dampak negatif bagi mental anak. Alih alih bertindak dengan kekerasan, berikan anak hiperaktif anda pujian saat dia mampu melakukan suatu hal atau tindakan positif. Hal tersebut selain melatih anak untuk menangkap empati dari orang-orang terdekat yang dicintainya, juga akan mendorong anak ke arah yang lebih baik dan positif.

Ajari anak sambil bermain, biasakan untuk memperdengarkan dongeng yang mengandung nasehat baik khususnya saat hendak tidur dimana gelombang otak berada dalam keadaan tenang. Dongeng yang berisi nasihat baik adalah sugesti positif yang akan bereaksi jauh lebih efektif kepada perilaku anak dibandingkan dengan memberi hukuman atau omelan yang sudah pasti tidak akan didengarkannya.

Semoga beberapa Cara Mengatasi Anak Hiperaktif di atas dapat membantu memecahkan masalah Anda.

banner_dinnad_468x60

One response to “Tips dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

  1. Pingback: Tiyas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s